Tags

Tagline dari CouchSurfing itu memang benar dan tidak mengada-ada, saya sudah membuktikannya sendiri. Bahwa memang CouchSurfing membantu saya untuk bertemu dan berpetualang bersama teman-teman baru di seluruh dunia.

Apa Itu CouchSurfing?

Boscha Night Trip 2012

CouchSurfing adalah sebuah komunitas yang mewadahi para traveler dimanapun, di Bandung, Indonesia, Asia, bahkan di seluruh dunia. Diantara banyaknya komunitas traveling yang ada di dunia, CouchSurfing memiliki diferensiasi yang unik dibandingkan komunitas-komunitas lain, yaitu memberikan kesempatan pada para traveler untuk bertemu, berpetualang bersama, bahkan menginap di rumah orang asing yang sama sekali belum pernah kita kenal sebelumnya. Karena inilah, CouchSurfing sangat cocok bagi para Budget Traveler dalam menimalisir biaya perjalanan mereke dengan menekan biaya akomodasi dengan CouchSurfing.

Bagaimana Bisa?

Selama ini kebanyakan orang-orang senang berada di zona nyaman mereka. Menetap di perkotaan, takut melakukan perjalanan sendirian, kalaupun melakukan perjalanan harus bersama teman-teman dekat dan bergaya eksklusif, kebanyakan orang pun takut bertemu dengan orang asing.

Saya pun begitu, pada awalnya. Tetapi dengan melakukan perjalanan demi perjalanan, melewati berbagai kejutan budaya, saya banyak belajar. Belajar tentang melewati hidung dengan kegembiraan walaupun tertatih, belajar mengenal budaya lain, belajar menghadapi situasi-situasi baru yang diluar dugaan, hingga belajar berbaur dengan orang-orang asing dan berbagi kisah perjalanan bersama.

CouchSurfing tidak hanya memfasilitasi mereka yang melakukan perjalanan seorang diri dan mendambakan teman perjalanan yang sepemikiran dan satu tujuan, juga tidak hanya memfasilitasi para budget traveler yang mengharapkan akomodasi secara cuma-cuma. Namun, CouchSurfing juga memberikan cara yang menyenangkan dalam bertukar budaya dengan berbagai suku bangsa di dunia.

Caranya?

Dengan bergabung dan membuat akun profil di CouchSurfing, kita bisa berbagi pengalaman di forum, bahkan bisa melakukan perjalanan baru dengan teman-teman baru. Jika kita mengunjungi suatu tempat baru pun, kita tidak perlu bingung harus pergi kemana walaupun sedang solo traveling, karena CouchSurfing tersebar di setiap kota yang memungkinkan kita berbaur dengan orang lokal dan mendapatkan banyak informasi tentang daerah yang sedang kita kunjungi.

Kalaupun kita sedang tidak waktu untuk bepergian jauh, dengan berkumpul bersama orang-orang yang memiliki paham yang sama, kita dapat mengobati rasa rindu kita dengan berkumpul bersama dan berbagi cerita perjalanan bersama, bahkan merumuskan rencana-rencana perjalanan baru. Karena CouchSurfing selalu mengadakan Official Monthly Gathering, diluar itu tentu banyak gathering-gathering lainnya.

Gathering July 2012

Sekilas CouchSurfing mungkin seperti social media khusus traveler, tapi sesungguhnya ini jauh berbeda. Kita hanya bisa berteman dengan orang-orang yang pernah bertatap muka dengan kita. Setelah bertemu, kita saling meninggalkan reference, baik positif maupun negatif, beserta alasannya agar kedepannya reference tersebut dapat berguna sebagai pertimbangan traveler-traveler yang ingin mengajak kita sebagai travelmate, memberi tempat tinggal pada kita, ataupun ingin menginap di tempat kita.

Sebagai contoh, bisa lihat profile CouchSurfing saya disini.

CouchSurfing bukanlah komunitas komersil, melainkan organisasi yang terus berjalan dengan sistem “dari kita, untuk kita, oleh kita”. Bahkan CouchSurfin melarang para travel agent yang memanfaatkan forum sebagai tempat berjualan.

Saya menulis tentang CouchSurfing ini hanya untuk berbagi pengalaman dan memperkenalkan CouchSurfing lebih luas lagi. Karena saya merasakan sendiri manfaat bergabung dengan komunitas ini. Sebelum bergabung dengan CouchSurfing, saya seringkali kebingungan bertanya tentang bagaimana mencapai destinasi tertentu, terutama yang masih sulit diakses transportasi umum. Saya pun dulu kesulitan mencari teman perjalanan yang memiliki satu visi dan misi dengan saya, tetapi sekarang saya banyak mendapatkan teman-teman baru yang easy going dan open minded, sehingga memudahkan dan memberi kenyamanan bagi perjalanan saya.

CouchSurfing Helps You Meet and Adventure With New Friends Around The World :)

Traveling is like reading a book. Does who not travel, only read one page.

Happy Traveling Peeps!

 

 

 

Advertisements