Berbicara mengenai isu-isu lingkungan memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi saya, terlebih jika berbicara mengenai solusi-solusi yang dapat memulihkan alam kita ini menjadi kembali utuh seperti sedia kala. Itulah yang mendorong saya untuk sedikit berkontribusi untuk menjadi relawan reporter YPBB Bandung untuk Pelatihan Zero Waste Lifetsyle yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna PUSDIKPAL Kota Cimahi. Peningkatan Kapasitas POKMAS Dan Pelajar Peduli Lingkungan Kota Cimahi 2013 yang diadakan olah Pemerintah Kota Cimahi ini, merupakan acara perdana saya dalam menjadi relawan bersama YPBB Bandung. Sebelumnya, saya hanya mengenal YPBB melalui jejaring sosial dalam mengikuti aktivitas-aktivitas organisnya.

Acara yang berlangsung pada Hari Rabu 17 Juli 2013 ini berjalan tepat pada waktunya, saya cukup mengapresiasi pada ketepatan waku Pemerintah Kota Cimahi ini dalam melaksanakan acaranya. Rangkaian acara yang diikuti oleh kader-kader lingkungan hidup Kota Cimahi sebagai pesertanya ini diawli dengan sambutan dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi. Seusai sambutan, Tim Kampanye YPBB Bandung langsung mengambil alih untuk menyampaikan materi pelatihan yang diwakilkan oleh Anilawati Nurwakhidin.

Materi pertama merupakan materi mengenai cara berkomunikasi. Materi komunikasi ini sangat penting bagi para peserta, mengingat para peserta merupakan kader-kader lingkungan hidup yang nantinya mengemban misi dalam menyebarkan solusi-solusi pelestarian lingkungan kepada masyarakat Kota Cimahi. Setelah itu, Teh Anil menyampaikan materi mengenai Zero Waste Lifestyle yang meniikberatkan prilaku dan pola konsumsi yang Zero Waste atau sma sekali tidak menghasilkan sampah. Pengelolaan terhadap sampah pun ditekankan pada materi kedua ini, materi kedua ini pun mendukung pelatihan pada hari sebelumnya dimana para peserta mengunjungi langsung tempat pengelolaan sampah dalam meninjau efektivitas dan keberhasilan pengelolaan sampah, agar para peserta semakin termotivasi untuk menubahprilaku dan pola konsumsi mereka.

Kesempatan kali ini tidak hanya memberikan saya kesempatan untuk berkontribusi lebih untuk lingkungan, tapi juga kesempatan ini merupakan kesempatan saya untuk belajar mengenai Zero Waste Lifestyle lebih banyak lagi sehingga menambah pengetahuan saya dan semakin merubah pola pikir saya untuk dapat merubah prilaku saya agar semakin organis lagi.Saya harap, manfaat yang saya rasakan ini tidak hanya dirasakan oleh saya, tapi juga dapat dirasakan dan diimplimentasikan oleh para peserta dan para relawan lain.

Salam Organis. :)

