Perjalanan mengkampanyekan gaya hidup organis yang dilakukan oleh YPBB Bandung tidak terhenti hanya di Kota Bandung saja, kini Tim Pelatihan Zero Waste Lifestyle YPBB Bandung mulai merambah ke Kota Cimahi yang letaknya berdampingan dengan Kota Bandung. Kali ini YPBB Bandung mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kota Cimahi untuk memberikan pelatihan dalam acara “Peningkatan Kapasitas POKMAS Dan Pelajar Peduli Lingkungan Kota Cimahi 2013” yang diselenggarakan pada Hari Rabu, 17 Juli 2013.

Pagi itu Gedung Serba Guna PUSDIKPAL Cimahi mulai diramaikan oleh kader-kader lingkungan yang menjadi peserta pelatihan. Para kader lingkungan Kota Cimahi ini terdiri dari berbagai macam profesi, dari pelajar, guru, hingga ibu rumah tangga. Para peserta pelatihan ini merupakan kader lingkungan hidup angkatan ke-3 yang diberi pelatihan oleh Pemerintah Kota Cimahidalam upaya pemerintah kota untuk meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat dan kepedulian para pelajar juga warga Kota Cimahi.

Tepat pukul 8.30 acara dibuka oleh sambutan dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Cimahi yang langsung disambung dengan pelatihan yang disampaikan oleh Anilawati Nurwakhidin selaku Koordinator Divisi Zero Waste YPBB Bandung. Pelatihan ini merupakan pelatihan hari kedua bagi para peserta, setelah pada hari sebelumnya para peserta mengunjungi langsung lokasi pengelolaan sampah dan melihat keberhasilan pengelolaan sampah di lokasi tersebut. Pada kesempatan kali ini, YPBB Bandung menyampaikan materi mengenai komunikasi dan Zero Waste Lifestyle dengan harapan agar para kader lingkungan hidup ini nantinya dapat mengubah prilaku dan pola konsumsi untuk menyelamatkan lingkungan, dan jangka panjangnya para kader-kader lingkungan hidup ini dapat mengubah pula prilaku dan pola konsumsi masyarakat di lingkungan sekitar mereka dan juga seluruh warga Kota Cimahi.

Materi yang dikemas secara singkat, padat, dan dengan pemaparan yang jelas terlihat mulai merubah pola pikir para peserta pelatihan. Hal ini terlihat dari antusiasme para peserta dalam mendengarkan materi pelatihan dan bertanya lebih jauh mengenai materi yang disampaika, sehingga memicu diskusi yang positif dan semakin membangun pola pikir para peserta menuju Zero Waste Lifestyle. Walaupun pelatihan Zero Waste Lifestyle yang disampaikan oleh Tim Kampanye YPBB Bandung hanya 2 jam, diharapkan hasilnya dapat maksimal untuk membawa kader-kader lingkungan hidup ini menjadi pionir dalam membawa gaya hidup organis bagi Masyarakat Kota Cimahi.

Advertisements