Kerang Srimping merupakan salah satu makanan laut yang biasa dikonsumsi dan mudah ditemukan di pesisir pantai utara. Kerang ini memiliki gizi yang baik dan bertekstur lembut serta nikmat untuk disantap. Kerang Srimping ini juga merupakan kerang yang paling aman jika dimakan secara mentah-mentah. Selain itu, kulit Kerang Srimping sangatlah cantik dengan merah kejinggaaan yang terang dan memiliki ukuran yang lebar.

Kerang Srimping

Kerang Srimping merupakan komodtas laut yang cukup mendominasi tangkapan para nelayan di Roban, Batang, Jawa Tengah. Setiap hari para nelayan mendapatkan hasil dari berkilo-kilo Kerang Srimping tangkapannya. Kerang Srimping ini pun kemudian disalurkan melalui Tempat Pelelangan Ikan.

Sebelum dijual Kerang Srimping ini biasa dipisahkan dahulu dagingnya dari kulitnya oleh warga setempat, lalu yang dijual kepada konsumen hanyalah daging Kerang Srimping bersih tanpa kulitnya. Sehingga tertimbunlah kulit-kulit Kerang Srimping di pesisir Roban, tumpukan kulit kerang yang cantik ini terabaikan dan kerap kali bersatu dengan sampah buangan lainnya.

Tumpukan kulit Kerang Srimping yang terabaikan

Sayang sekali, padahal jika dimanfaatkan dan ditambahkan nilai jualnya, masyarakat setempat dapat meningkatkan pendapatannya. Selain itu dengan memanfaatkan sampahkulit kerang ini, masyarakat dapat membantu mengurangi volume sampah yang mengotori bumi. Mungkin sampah kerang ini memang termasuk sampah organik, namun unsur yang membentuk kulit kerang ini membuatnya lebih sulit dan lama terurai dibanding sampah organik dari sayuran atau buah-buahan.

Salah satu warga Roban pun menginginkan adanya pelatihan untuk mengkreasikan kulit kerang-kerang ini agar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Kulit Kerang Srimping yang cantik ini sangat cocok jika dijadikan sebagai tirai kamar atau hiasan lainnya. Ada yang bisa membantu warga Roban ini dengan kreasi kalian? :)

Warga yang sedang memilah daging Kerang Srimping

Advertisements