Perjalanan bukanlah destinasi. Perjalanan adalah sebuah proses menuju tujuan dan destinasi belumlah tentu menjadi suatu tujuan.

Terpilih menjadi salah satu dari 16 finalis Ekspedisi Sumba membuat saya sangat kegirangan. Bagaimana tidak? Mimpi saya untuk bisa menjejakkan kaki di setiap sudut Indonesia rasanya akan semakin lengkap dengan mendekatnya kesempatan untuk diberangkatkan ke Sumba. Terlebih dalam hal yang saya senangi dan tekuni, lingkungan.

Foto saya yang sedang menyelami keindahan alam bawah laut yang terpilih di #EkspedisiSumba

Lebih spesifik lagi, isu lingkungan yang diangkat di Pulau Suba adalah energi terbarukan. Semakinlah saya sangat antusias, selain karena pernah berpengalaman menjadi bagian dari tim yang memfasilitasi materi energi terbarukan di daerah terpencil, tapi juga saya memang sangat tertarik dengan solusi terbaik untuk mengubah lingkungan menjadi 100% bersih ini dengan energi terbarukan.

Jumat, 15 Agustus 2014

Mulaiah saya mengucap syukur, setelah mendapatkan kabar saya terpilih menjadi salah satu finalis. Saya pun mulai membaca keterangan untuk mempersiapkan selesi tahap selanjutnya. Hmm, presentasi dalam Bahasa Inggris yang mencakup empat materi. Saya langsung membenamkan tantangan selanjutnya iu ke dalam benak saya, tapi tidak langsung saya eksekusi, karena sore itu saya sedang sibuk mempersiapkan perjalanan menuju peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia bersama teman-teman saya.

Akhir pekan kemarin, pergilah saya bersama teman-teman saya menuju Pulau Sepa di Kepulauan Seribu, Jakarta. Sambil tetap menikmati setiap adegan yang terjadi di pulau tanpa penghuni itu, saya pun kerap kali mencari ide, mengayunkan imajinasi bersama angin selatan yang sedang berderu kencang di musim ini.

Menuju Pulau Sepa

Tidak banyak yang bisa saya cetuskan untuk Ekspedisi Sumba saat itu, karena banyak waktu saya habiskan di dalam air, demi mengibarkan Sang Merah Putih dibawah titik nol meter permukaan laut.

Minggu malam, saya pulang ke rumah lalu beristirahat. senin esoknya saya bangun di siang hari, karena cukup lelah di hari sebelumnya. Tapi saya masih belum mengerjakan presentasi yang harus saya tampilkan dihadapan juri besok. Malamnya saya bertemu dengan teman-teman saya, tengah malam saya baru kembali ke rumah. Di waktu yang sempit itu barulah ide-ide bermunculan.

Saya mulai mengerjakan presentasi jam dua dini hari, setelah selesai jam enam pagi saya langsung mengemas barang-barang saya untuk berangkat ke Jakarta.

Long story short..

Saya bertemu dengan kandidat hebat lainnya di Grand Hotel Kemang. Satu persatu dari kami dipanggil juri untuk mempresentasikan ide kami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Sehari setelahnya, pemenang diumumkan. Nama saya tidak tercantum dalam sala satu pemenang yang akan diberangkatkan ke Sumba.

Saya tidak kecewa, mungkin kali ini bukan saat yang tepat bagi saya untuk pergi ke Sumba. Selalu ada alasan terbaik untuk setiap tragedi yang terjadi di kehidupan ini. Just deal with it.

Teruntuk Sumba, mungkin bukan sekarang. Tapi suatu saat nanti aku akan berdiri dihadapanmu. :)

Salah satu kandidat yang tidak terpilih lainnya pun menghubungi saya, saya berkata padanya bahwa kontribusi untuk lingkungan bisa kita lakukan dimana saja, bukan hanya di Sumba. Benar saja, tidak lama saya mendapatkan kesempatan untuk meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran saya untuk berontribusi dalam energi terbarukan di daerah lain, yang sama membutuhkannya seperti Sumba.

Kita selalu mendapatkan yang terbaik dalam hidup kita. Jika berandai-andai, mungkin saja saya tidak bisa ambil andil dalam program yang akan saya tekuni ini jika saya berangkat ke Sumba, ataupun mungkin ada alasan baik lainnya.

Usaha dan doa, adalah hal yang bisa kita lakukan. Sementara Tuhan akan terus bekerja tak terlihat dengan memberikan kita jalan yang terbaik. Saya bersyukur, tetap bisa menerapkan energi terbarukan dan berkontribusi untuk lingkungan dengan berbagai cara. Perjuangan Indonesia dalam mengganti seluruh energi fosil menjadi energi terbarukan bisa kita mulai dimana saja, dengan siapa saja, dari sekarang!

