Siapa yang tidak mengenal Gunung Kidul sekarang ini? Wilayah yang memiliki potensi wisata, terutama wisata perut bumi ini, sedang dalam puncak ketenarannya. Setiap minggu pasti banyak yang mengunjungi Gunung Kidul, entah untuk menikmati keindahan pantainya atau menguji adrenalin dengan menyusuri goa-goa yang ada disana.

Selain memiliki alam yang indah, Gunung Kidul juga memiliki kuliner khas yang unik. Salah satunya adalah Walang Goreng.

Belalang yang belum digoreng

Belalang, atau Walang dalam Bahasa Jawa, yang digoreng ini bisa kita temukan di sepanjang jalan raya Gunung Kidul saat menuju ke tempat wisata. Belalang-belalang besar yang belum digoreng dipasang berderet dan disambung dengan rapia dan digantung dipinggir-pinggir jalan. Sedangkan belalang yang sudah digoreng dikemas rapat di dalam toples.

Kita dapat memilih dua rasa dari Walang Goreng ini, gurih dan bacem. Kalau kamu suka dengan rasa yang agak manis, pilihlah rasa bacem. Dan buat kamu yang suka rasa asin, pilih yang rasa gurih. Sebelum membeli, penjual biasanya memperbolehkan kita mencicipi Walang Goreng ini supaya bisa memilih rasa mana yang kita suka.

Walang Goreng dalam 2 pilihan rasa

Rasa Walang Goreng ini renyah dan enak. Tapi tak jarang saya agak menutup mata saat memakannya, terutama ketika memakan bagian kepalanya yang memiliki mata yang besar. Rasanya geli saja melihat bentuk Walang Goreng ini, sampai-sampai keluarga saya tidak ada yang berani memakannya karena bentuknya. Karena inilah Walang Goreng termasuk dalam kategori salah satu kuliner ekstrim Indonesia.

Harga satu toples Walang Goreng dibanderol dengan harga 25.000 Rupiah. Cukup terjangkau, mengingat isi dari Walang Goreng inipun cukup banyak. Memang agak ngeri sih ada kaki-kaki Belalang di mulut kita, terbayang kaki-kai ini masih bisa bergerak-gerak di lidah kita. Hiiiiiii.. Tapi rasanya yang enak dan banyaknya gizi yang terkandung di dalam Belalang, membuat Walang Goreng ini patut dicoba.

Bentuk Walang Goreng yang bikin geli

Jadi, kalian berani mencicipi Walang Goreng ini? :)

Advertisements