Jalur Raya Pos atau dalam Bahasa Belanda dikenal sebagai De Groote Postweg, merupakan jalan raya yang menghubungkan Anyer hingga Panarukan sepanjang 1000 km yang terbentang di utara Pulau Jawa.  Jika ditarik garis lurus, maka jalan raya yang dibangun pada masa pemerintahan Gubernur-Jenderal Herman Willem Daendels itu, setara dengan panjang dua kali perjalanan Paris ke Amsterdam.

Peta Jalur Jalan Raya Pos

Jalan De Groote Postweg ini dibangun pada tahun 1808 hingga 1811. Pada masanya, Jalan Raya Pos ini merupakan jalan raya terpanjang di dunia. Jalan raya pos memgalami transformasi fungsi dari pertahanan militer hingga saat ini menjadi penopang denyut nadi Industri di Jawa.

Setelah lebih dari 200 tahun dibuat, bagaiamana keadaannya sekarang? Masihkah kita belajar pada petualangan untuk menyusuri Jejak langkah yang masih tersisa di Jalur Raya Pos?
Mungkin di setiap jengkal jalan raya itu kita bisa belajar tentang pengorbanan leluhur kita, tentang darah, keringat, air mata, bahkan hingga nyawa sekalipun.

Dengan berjalan kaki menyusuri Jalan Raya Pos dari Bandung hingga Jakarta, selain memberikan cerita perjalanan tersendiri tapijuga bisa menjadi salah satu cara berpetualang yang tepat sambil mengenal sejarah bumi pertiwi kita dengan lebih baik lagi. Harapannya setelah perjalanan ini, akan banyak anak muda Indonesia yang bijak memilih cara berpetualang yang tepat. Tidak hanya untuk kepuasan dan kesenangan diri sendiri, tapi juga mengenal Indonesia untuk mencintainya lebih dalam lagi.

Pada sepenggal jalan kita memulai petualangan, pada sepenggal jalan kita dapat belajar.


 

Advertisements