Tags

Halo, Bu.

Ibu lagi apa?

Pasti lagi senyum dan ketawa, dengan perasaan hangat, tenang, dan bahagia. Ibu udab ngga sakit lagi, ya, Bu? Udah Allah bantu mudahkan dan lancarkan jalan pulang menuju Allah. :)

Bu, Ibu bilang ga pengen ngerepotin anak-anak. Alhamdulillah diijabah, ya, Bu. Ibu pergi dengan tenang. Maaf, Bu, anak-anak Ibu ilmu islamnya masih sedikit, jado pas Ibu pergi Kakak, Abang, sama Lula kebingungan.

Tapi Allah permudah dan Ibu sebenernya yang membimbing kami lewat petunjuk-petunjuk.

Ibu bilang pengen daftar keanggotaan Sekar Kenanga, aku telepon alhamdulillah lancar, loh, Bu. Sekar Kenanga langsung kirim ambulans ke rumah sakit, bawa ibu pulang dan laluin proses pensucian, solat, dan pemakaman dengan lancat dan insya Allah sesuai syariat.

Terus untuk tempat peristirahatan terakhir Ibu, kesampaian, ya, Bu di Cikadut. Pakai lapak pemakaman RW Kakak, padahal waktu itu aku cuma bilang aja ke Ibu kalau ada selebaran RW di rumah.

Ibu juga tau kan, ya, anak-anak Ibu ga biasa nerima tamu. Gimana nyambut. Gimana nyuguhin. Eh, tau-tau mah banyak aja loh, Bu, cemilan, makanan, dan cerota-cerita penghibur dari orang yang hadir.

Banyak yang hadir dan jadi saksi kalau Ibu tuh orang baik. Insya Allah khusnul khotimah dan ditempatkan di tempat terbaik yang indah di sisi Allah, ya, Bu.

Terus ada Om Diyar, Bu. Dia bilang temen SMA Ibu. Ibu suka cerita tapi punten, ya, Bu, aku ngga inget sama Om Diyar, hehe. Tapi ternyata Om Doyar dateng, ya, ke nikahan aku. Meni bageur, loh, Bu masih simpen foto pas nikahan sama foto-foto Ibu sama temen-temen pas SMA. Dia bilang Ibu mah memang selalu cantik dari dulu. Terus dia minta diliatin foto Ibu belakangan.

Aku cari, ternyata aku ada foto Ibu kemarin siang, ya, pas kita makan di Sederhana. Aku juga iseng aja sambil makan fotoin Ibu, eh ternyata jadi kenangan kita terakhir quality time, ya, Bu. Alhamdulillah Allah beri kesempatan.

Bu, aku yakin Ibu nitipin banyak doa dan keberuntungan buat anak-anak Ibu dan Ayah sepulangnya Ibu ke rahmatullah. Ibu selalu ngerawat kita dengan baik, maaf ya Bu kita gabisa ngerawat Ibu sebaik Ibu ngerawat kita. Tapi sekarang Allah udah ngerawat Ibu dengan baik, ya, Bu.

Ibu yang baik, mudah-mudahan Allah balas semua kebaikan Ibu berjuta-juta kali lipat dan hapuskan semua kekhilafan Ibu sebersih-bersihnya.

Bu, Ibu ga perlu khawatir, ya. Insya Allah Kakak, Bang, Lula hidup yang baik disini sampai kita ketemu lagi nanti di Jannah. Juga Ayah. Bismillah Allah selalu bimbing kami untuk semakin beriman dan beramal Islam.

Bu, incu-incu Ndung anu soleh sareng kasep juga tenang, loh, Bu. Kata Mboy, “Ndung udah sembuh dan ga sakit lagi.”

Mudah-mudahan aku bisa jadi Ibu buat anak-anak sebaik Ibu, ya.

Bu, alhamdulillah aku kebangun di sepertiga malam. Walau lagi belum bisa solat, aku kirim doa-doa buat Ibu, ya. Insya Allah, Allah sampaikan, ya, Bu. Ibu bahagia, ya, disana, Bu.

Udah dulu, ya, Bu. Kakak sayang Ibu. Ibu yang paling terbaik. Ibu jagoan, Ibu hebat. Ndung nenek terbaik buat Boi Kai. Lancar, terang, hangat, lapang perjalanan disana, ya, Bu.

Assalamualaikum Ibuku sayang. ❤️