Tags

Bu, incu Ndung pertama anu paling kasep bangunnya siang. Ngkay dari pagi udah ngerengek pengen ke daycare, jadinya dijemput Kak Aci. Padahal Mboy bobonya lebih dulu dari Ngkay da ga bobo siang.

Semalem aku gelisah, rasanya sepi. Mungkin karena Memed juga ngga ada. Jadinya aku denger audio meditasi, eh ketiduran duluan. Kebangun bentar, Mboy juga udah tidur. Ngan Ngkay baru mau tidur.

Pas nau matiib lampu, Ngkay bilang jangan. Yaudah da aku juga gatau kenapa lagi oengen terang-terangan. Kalau ada Ibu pasti diketawain, kenapa jadi takutan. Hehe.

Terus kebangun jam 2, gabisa tidur lagi. Padahal mah tahajud yah, tapi berat sama mager. Heu. Jadinya netflixan sampe subuh, baru bisa tidur lagi jam 5 an. Mudah-mudahan aku bisa semakin soleh, rajin ibadah, biar doa aku untuk Ibu semakin didengar dan diijabah Allah. Amin.

Hari ini aku ke Hermina, Bu, abis nganter Mboy ke daycare. Jalan kaki sekalian olahraga. Pas udah goleran di kasur periksa deg-degan banget.

Sebenernya belum siap ke dokter lagi, cuma ini payudara aku ngilu wae. Sebenernya ngilu biasa, tqpi muncul terus dari pas aku nemenin Ibu di rawat di Santosa. Terus malah jadi overthinking gegara sekarang berarti aku ada genetik kanker. Jadi biar pasti yauda deh.

Harusnya dulu juga pas Ibu udah mulai ngeluh awal-awal sakit, aku paksa Ibu, ya. Cuma gimana, ya, Bu. Kan kita sejauh ini hidup penuh keterbatasan, ngga punya pilihan. Jadi pas dewasa gini aku lebih yaudah gimana maunya Ibu aja, walo berujung telat penanganan. Maafin aku, ya, Bu.

Yang diperiksa pertama IUD aku dulu. Aman katanya posisinya, rahim aku juga bersih ngga ada kista. Pas diperiksa payudara, katanya nyaru karena kan aku masih nyusuin. Jadi nyaru sama kelenjar-kelenjar susu yang keras.

Dokter prediksi ini FAM, kelenjar lemak yang mengeras, bukan tumor dan jinak. Cuma biar lebih pasti dirujuk deh ke Dokter Bedah. Dengernya juga langsung deg-degan. Aku ngerti sih kenapa dulu Ibu menghindari dokter bedah dan ngga mau operasi, yaudah udah jalannya, ya, Bu. Kita jalani, nikmati, dan syukuri. Jadiin pelajaran buat kedepannya. Insya Allah Ibu khusnul khotimah, sekarang juga Ibu udah sehat dan bahagia di Surga Firdaus. Amin Allahuma Amin.

Pas liat surat rujukanbya, ke dokter Putu Santi. Dokter Ibu terakhir di Hermina yang ngerujuk ke Santosa. Pengen deh ngobrol-ngobrol soal Ibu, apa ngga usah, ya, Bu? Yaudah gimana besok. Hehe.

Pas lagi nunggu tagihan juga ada panggilan untuk pasien Dokter Justine. Salah satu internis yang meriksa Ibu, dan dokter pertama yang ngeraba di rektum Ibu ada benjolan yang keras, yang keukeuh Ibu harus segera kolonoskopi. Tapi abis dari dia, Ibu masih oengen coba sembuh dulu di rumah. Dengan mules yang kaya gitu. Ya Allah, Ibu. Alhamdulillah semua sakit Ibu udah diangkat Allah, ya, Bu. Ibu jagoan bisa ngelaluin semua itu.

Pas liat tagihan, wow 700an. Padahal ngga ada obat, cuma cek cek aja, hehe. Doain, ya, Bu. Aku, anak-anak, dan keluarga yang lain yang masih di Bumi, lancar rezekinya jadi bisa jaga kesehatan dan saling silaturahmi. Amin.

Oiya, Bu. Kan mau ke Griya belanja bulanan nanti sore sama anak-anak. Terus aku mau ajak Lula, biar sekalian belanja buat di rumah. Eh, history chat terakhirnya yang kamis lalu pas Ibu berpulang. 🥲

Langsung kebayang lagi rekam ulangnya. Apalagi pas aku nerima kabar dari Lula, aku dikit lagi nyampe tapi kejebak macet Pasar Cicadas. Itu mah, Bu, ngagoaknya. Hehe.

Sedih mah masih, sih, Bu. Cuma udah ngga cirambay lagi. Hehe. Ibu juga disana tenang dan damai, ya, Bu di sisi Allah. Amin ya rabbal alamin, Ya Allah. ❤️

Oiya, Bu. Si hamster lahiran lagi! Udah ketiga kali, subur banget dia, aha. Semoga jadi berkah buat kami disini juga, ya, Bu. Dari hamster sepasang yang Ibu kasih buat anak-anak, sekarang udah pada beranak pinak. ❤️