Tags

Bu, disini lagi jelang maghrib. Disana Ibu lagi apa? Pasti lagi ketawa-ketawa seneng-seneng, ya, bareng Gusti Allah. Amin Allahuma Amin.

Alhamdulillah pagi ini aku udah ga nangis lagi, Bu. Ya sedih sama patah hatinya sih masih ada, nyaris cirambay juga ada, cuma udah ga sesenggukan lagi kaya kemaren. Hehe. Makasih, ya, Bu. Aku yakin aku bisa tegar gini juga pasti karena Ibu doain dan dukung aku terus kan, ya, dari sana. :)

Akhirnya semalem aku bisa tidur nyenyak, Bu. Cuma jadi bablas ngga solat subuh, hehe. Bangun jam 7 kurang, nyaris 48 jam tepat, ya, Bu. Setelah Ibu berpulang.

Pagi ini aku jalan kaki lagi, Bu. Yeay, mudah-mudahan istiqomah jalan kaki 30 menit tiap hari. Terus mataharinya cerah, Bu. Aku jadi mulai bisa senyum, heu.

Aku menatap kilau hangat mentari, seakan Ibu tersenyum padaku dari atas sana.

:)

Mba Enggar dateng ke rumah, Bu. Perutnya udah gede, bentar lagi mau lahiran. Kayanya due date-nya deket-deket ulang tahun Ngkay yang ke-3.

Terus Mba Enggar bilang, kayanya terakhir ketemu Ibu pas November tahun lalu di Novotel, Ibu kayanya baik-baik aja. Diinget-inget lagi Ibu udah sakit perut dan susah pup, ya, waktu itu. Susah makan juga, tapi Ibu jagoan, masih bisa bawa anak-anak jalan-jalan naik angkot dan Bandros sambil nungguin aku kerja. Makasih, ya, Bu. ❤️

Pas Mba Enggar mau pulang, ada Ibu-ibu pake motor dateng terus cirambay karena baru tahu Ibu udah pulang ke sisi Allah. Aku bari ngepuk-puk-in bingung, ini teh saha? Hehe.

Ternyata Tante Lilis, Bu. Padahal katanya kalau tau pas Kamis pagi itu Ibu pulang, dia pasti hadir nganterin Ibu ke tempat peristirahatan terakhir Ibu. Tapi dia baru denger kabarnya pagi ini di grup sekolah katanya. Karena ga percaya, dia sempet whatsapp Ibu sebelum dateng ke rumah. Tante Lilis titip doa terbaik buat Ibu dan pesen buat jaga silaturahmi terus.

Ayah kayanya masih berproses, Bu. Handphone ibu kan dipegang Ayah, terus heboh wae kok profile picture Ibu ilang. Ternyata pas sore tau-tau balik lagi. Ya, kata aku sama Abang teh error meureun. Cuman si Ayah keukeuh, “Ini si Ibu nih yang ganti.” Hehe. Kangen banget kali, ya, Ayah sama Ibu. Sampai cerita ke Ua Lilah, kalau sekarang sepi gabisa teriak-teriak manggil Ibu.

Yahh, Bu. Mudah-mudahan Ayah bisa segera diringankan beban ditinggalin Ibu. Ibu gausah khawatir, ya, Insya Allah anak-anak Ibu jagain Ayah dan bawa Ayah berobat kaya pesen Ibu minggu lalu.

Pas beberes barang-barang Ibu juga, Si Ayah bilang, “Rapihin tapi simpen dulu aja. Penghormatan buat kenangan Ibu. Jangan sampai Ibu ngerasa langsung dibuang.”

Ternyata gitu-gitu ge Ayah nyaah pisan, ya, ke Ibu. Tapi hampura, ya, Bu. Maafin Ayah dan anak-anak Ibu, semasa Ibu ada disini kita malah gengsi dan gabisa ngungkapin sayang kita ke Ibu dengan hangat dan bikin Ibu bahagia. Tapi Insya Allah sekarang Ibu udah bisa ngerasain kebahagiaan yang kekal di surga, ya, Bu. Dan ngga ada lagi penderitaan dunia yang ngebebanin Ibu. Amin.

Kalau nginget-nginget lagi mah. Pasti Ibu gapapa kan dan seneng kan kalau barang-barang Ibu dirapihin dan dikasih ke orang biar lebih manfaat? Tadi pagi aku ketemu Mang Yana, Mang Yana oke mau ngangkut. Mang Yana juga minta maaf kalau ada salah, aku juga udah ngahapunten ke Mang Yana kalau ibu ada khilaf. Mang Yana kaya yang sedih deh, Bu. Kek berkaca-kaca gitu, katanya kemarenan masih whatsappan sama Ibu dan Ibu bayar iuran sampah.

Jadi keinget juga, kayanya minggu lalu Ibu bilang sambil ketawa, “Itu barang-barang Kakak dari Kakak pindah masih nambru weh belum diberesin.”

Hehe, maaf, ya, Bu. Aku kedul. Ternyata sekarang Ibu ngasih aku kesempatan buat beberes, ya. Biar rumah Ibu rapih.

Aku teh kan belom mandi, ya, sampe sore. Mau mandi terus mager, hehe. Terus inget pesen Ibu dulu, “Jangan mandi sore-sore, Nak. Nanti masuk angin.”

Oke deh, Bu! Aku mandinya besok aja. Hehe.

Malam ini malam Nisyfu Syaban, Bu. Dulu Ibu selalu bilang, banyakin ibadah di malam ini. Dulu aku cuma denger selewat aja. Sekarang aku pengeeeeen banget banyakin doan buat Ibu. Ibu jagoan, yah. Ibu pulang Kamis pagi biar banyak yang doain di malam pertama kepulangan Ibu ke rahmatullah di Malam Jumat. Malam ini juga pas malam ketiga ternyata malam Nisyfu Syaban. Masya Allah. Ibu soleh. Ibu terbaik, mantap jiwa deh, Ibuku.

Udah dulu, ya, Bu. Ini udah mau magrib. Terus siap-siap tahlilan untuk Ibu di malam ketiga.

Love you, Bu. ❤️