Tags

Bu, sudah genap sepekan Ibu di surga.

Tadi jam 2 malem Mboy kebangun terus dia guling-guling ngga bisa tidur kayanya. Baru pules lagi jam 4. Jadinya bangun siang deh.

Terus juga tengah malem aku ngilu lagi di payudara kiri. Langsung overthinking, apa bukan payudara ya tapi jantung. Terus coba tarik napas dan bobo lagi aja.

Hari ini aku bikin appointment buat terapi Access Bars, Bu. Kaya kinesiologi gitu deh, touch for health, healing alternatif. Kalau ngga mempan aku coba ke psikolog nanti. Soalnya rasanya kualitas tidur aku terjun payung, berikut banyak khawatir ngga jelas.

Abis nganter anak-anak ke daycare, aku langsung ke Pasteur. Lucu juga, ya, si healing alternatif ini banyaknya daerah Pasteur.

Akhirnya setelah seminggu cuma di rumah aja, aku ngelewatin lagi rute pas mau ngejar Ibu ke UGD. Alhamdulillah udah ngga triggering, Bu.

Yang menarik, si terapis Bars-nya ternyata nawarin Metameric Massage. Ah, yang gini-ginu tuh suka berdasar intuisi dan bimbingan Allah aja, kan, ya, Bu. Jadi pas ditawarin mau coba ngga, aku ya iya-iya aja.

Kata dia akan sakit, tapi pas dipunggung biasa aja. Coba kalau udah tau ini dulu, aku ajak Ibu kesini.

Katanya emosi berduka aku ditinggal Ibu itu kesimpennya di dada kiri arah ketek, naitu dah. Ternyata bukan ada kenapa-kenapa di payudara, tapi ternyata psikosomatis. Hehe.

Terus katanya rasa berduka aku udah ngga terlalu parah, badan aku udah pasrah. Alhamdulillah. Biar ngga ngeberatin perjalanan Ibu di akhirat, ya, Bu. Aku teh suka galau, rasanya udah ikhlas, tapi juga bertanya-tanya ini beneran ikhlas apa sok sok ikhlas, ya? Da ilmu ikhlas mah ngga ada pakemnya, kan. Hehe.

Yang berat katanya justru beban maskulinitas. Dia tanya, suaminya ngga bareng disini, ya? WAW! Mejik. Jadilah kata dia sebenernya banyak beban karena apa-apa sendiri, khawatir soal uang, tanggung jawab. Tah eta pisan. Ibu juga mungkin seumur-umur numpuk banyak emosi yang ga dilepas gini, ya, Bu. Mudah-mudahan di surga Allah angkat semua derita Ibu di dunia, ya. Diganti sama kebahagiaan jutaan kali lipat. Amin allahuma amin.

Terus dia tanya, ada saudara laki-laki? Ada yang ngeganjel ke saudaranya soal kepergian Ibu? Hmmm, aku teh bingung. Asa ngga ada.

Aku ceritain aja. Pas pertama tau Ibu meninggal di IGD, lagi ngagoak si Abang meluk dan minta maaf. “Maafin aku ngga bisa jaga Ibu, Kak.”

Aku sih ngga nyalahin si Abang. Emang udah jalannya, ya, Bu. Cuma emang ngga aku ungkapin. Apa harusnya aku ungkapin, ya, Bu? Karena sebenernya yang aku nyeselin itu aku ngga ngungkapin ke Ibu, pas Ibu di rawat dan bilang, “Si Mamah teh meninggal karena kepikiran Ibu.”

Aku malah diem aja. Harusnya aku bilang, ya, ke Ibu. Bu, itu bukan salah Ibu. Emang waktunya Mamah pulang ke sisi Allah aja. Maaf, ya, Bu. 🙏🏼

Terus sisa sebagian kecil yang ngga mau aku lepas itu kenangan masa kecil bareng Ibu katanya, Bu. Kegiatan spesial yang kita lakuin berdua. Main bareng atau apa. Kenangan itu yang aku ngga mau lepas jadinya badan aku sakit. Tapi apa, ya, Bu? Ngga inget, hehe. Aku keinget main kelinci bareng? Dimasakin? Kalau sakit diperhatiin, disuapin? Jalan-jalan ke hutan? Tapi itu dipikir-pikir kita lakuin bareng sam Abang sama Lula. Ah, yaudalah tar juga keinget meureun, ya.

Terus katanya sebenernya fase berduka aku udah lewat. Sedihnya ya masih ada. Cuma yang numpuk itu kekhawatiran.

Iya sih, Bu, aku bingung. Kaya weekend ini ada acara komunitas aja, aku langsung bingung. Pengen ikut tapi anak-anak gimana. Hehe. Ya, gapapa, Bu. Insya Allah pelan-pelan nanti aku nemu jalan. Maaf, ya, Bu. Selama ini aku selalu ngerepotin Ibu.

Terus pas dipijit bagian depan, uwaw astagfirullahaladzim syakiiiiit. Katanya itulah bagian yang oaling banyak nyimpen emosi. Yang kalau dibiarin bisa jadi sakit ke organ-organ dan kudu ke dokter. Yang paling sakit katanya bagian self judgement. Memang kita teh susah, ya, berkata baik sama diri sendiri. Bismillah aku mau lebih percaya diri, bangga, sama diri sendiri. Supaya anak-anak juga ounya contoh yang baik, tumbuh dengan perkataan baik ke diri sendiri. Amin.

Pas bagian Bars, ih cuma dipegang gitu doang, Bu. Lebih ngga berasa daripada kinesiologi. Tapi aku bobo dan release. Bismillah jadi jalan aku lebih sehat lahir dan batin. Supaya bisa terus berupaya yang terbaik selama hidup di Bumi. Sampai kita dipertemukan lagi sama Allah di Surga Firdaus, ya, Bu.

Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin.

Sehat-sehat, ya, Bu disana. Terang jalannya. Hangat. Nyaman tidurnya. Bisa makan apa aja yang Ibu mau. Tenang hatinya. Ringan segalanya. Ngga ada beban kekhawatiran lainnya. Amin Ya Allah. ❤️

Abis terapi, kata dia badannya minta apa turutin aja. Aku belum makan dari pagi tapi rasanya ngga laper. Tapi ah hujan, makan tongseng aja deh yang anget. Harus baik juga sama badan sendiri. 💪🏼

Kaya yang sering Ibu bilang, cuma diri sendiri yang bisa nolong. Jadi harus kuat dan semangat!